gambar MI

gambar MI
kecerdasan majemuk

Jumat, 30 Juli 2010

Desain Pembelajaran Taksonomi Bloom

Penjelasan Taksonomi Bloom
Pertama, jangan menunda oleh bahasa atau kerumitan yang tampak dari Taksonomi Bloom - pada tingkat dasar itu model yang relatif sederhana dan logis.
Taksonomi berarti 'seperangkat prinsip klasifikasi', atau 'struktur', dan Domain hanya berarti 'kategori'. Bloom dan rekan-rekannya adalah akademisi, melihat pembelajaran sebagai ilmu perilaku, dan menulis untuk akademisi lainnya, itulah sebabnya mereka tidak pernah menyebutnya 'Bloom Belajar Struktur', yang mungkin akan lebih masuk akal orang di dunia bisnis. (Menariknya ini contoh penggunaan bahasa teknis memberikan pelajaran membantu dalam belajar itu sendiri, yaitu, jika Anda ingin mendapatkan ide menyeberang ke orang, Anda harus mencoba untuk menggunakan bahasa yang audiens Anda dengan mudah akan mengenali dan memahami.)
Taksonomi Bloom menjadi dasar klasik 'Pengetahuan, Sikap, struktur Keterampilan' belajar metode dan evaluasi, dan selain dari yang lebih sederhana Kirkpatrick model pembelajaran evaluasi, Taksonomi Bloom Belajar Domain tetap merupakan sistem yang paling banyak digunakan dari jenis pendidikan khususnya, dan juga
industri dan pelatihan perusahaan. Sangat mudah untuk melihat mengapa, karena ini adalah suatu yang sederhana, model yang jelas dan efektif, kedua untuk penjelasan dan penerapan tujuan belajar, metode pengajaran dan pelatihan, dan pengukuran hasil belajar.
Taksonomi Bloom menyediakan struktur yang sangat baik untuk perencanaan, merancang, menilai dan mengevaluasi efektivitas pelatihan dan pembelajaran. Model ini juga berfungsi sebagai semacam checklist, dengan mana Anda dapat memastikan pelatihan yang direncanakan untuk membebaskan semua pembangunan yang penting bagi siswa, trainee atau peserta didik, dan template yang Anda gunakan dapat menilai validitas dan cakupan dari setiap pelatihan yang ada, akan itu suatu program, kurikulum, atau seluruh pelatihan dan program pengembangan untuk suatu organisasi besar.
Hal ini menarik bahwa model Taksonomi Bloom (1956-1964) dan evaluasi belajar model Kirkpatrick (1959) tetap model referensi klasik dan alat-alat ke abad ke-21. Hal ini karena konsep-konsep seperti Bloom Taxonomy, model Kirkpatrick, Maslow Hirarki Kebutuhan, McGregor XY Teori, Model analisis SWOT, dan teori Analisis Transaksional Berne, untuk nama contoh lain lagi, adalah abadi, dan karena itu akan selalu relevan dengan
pemahaman dan pengembangan sumber daya manusia dan organisasi.
 

Definisi Taksonomi Bloom
Taksonomi Bloom model dalam tiga bagian, atau "tumpang tindih" domain. Sekali lagi, Bloom menggunakan bahasa yang agak akademis, tetapi makna yang mudah dimengerti:
1. domain kognitif (kemampuan intelektual, yaitu., pengetahuan, atau 'berpikir')
2. Afektif domain (perasaan, emosi dan perilaku, yaitu., Sikap, atau 'merasa')
3. Psikomotorik domain (keterampilan manual dan fisik, yaitu., Keterampilan, atau 'melakukan')
Ini telah melahirkan variasi tangan pendek jelas pada tema yang merangkum tiga domain, misalnya, Pengetahuan-Keterampilan-Sikap, KAS, Do-Think-Feel, dll
Berbagai orang sejak dibangun pada pekerjaan Bloom, terutama dalam domain ketiga, 'psikomotorik atau keterampilan, yang Bloom awalnya diidentifikasi dalam arti luas, tetapi ia tidak pernah sepenuhnya rinci. Ini jelas karena Bloom dan rekan-rekannya merasa bahwa lingkungan akademik yang diselenggarakan keahlian cukup untuk menganalisis dan menciptakan struktur handal yang cocok untuk kemampuan fisik 'domain Psikomotor'. Meskipun ini mungkin tampak aneh, hati-hati tersebut tidak jarang di antara pakar dan akademisi yang sangat khusus - mereka berusaha untuk akurasi serta inovasi. Dalam kasus Bloom ini juga bahwa ia meninggalkan celah sedikit bagi orang lain untuk melengkapi detail, model tampaknya memiliki manfaat dari memiliki kontributor yang berbeda mengisi detail selama bertahun-tahun, seperti Anderson, Krathwhol, Masia, Simpson, Harrow
dan Dave (yang terakhir ini tiga masing-masing memiliki versi yang dikembangkan dari ketiga 'domain Psikomotor').
Dalam setiap dari tiga domain Taksonomi Bloom didasarkan pada premis bahwa kategori diperintahkan dalam tingkat kesulitan. Sebuah premis penting dari Taksonomi Bloom adalah bahwa setiap kategori (atau 'tingkat') harus dikuasai sebelum maju ke yang berikutnya. Dengan demikian kategori-kategori dalam domain masing-masing tingkat pengembangan pembelajaran, dan hal ini meningkatkan tingkat kesulitan.
Struktur matriks sederhana memungkinkan checklist atau template yang akan dibangun untuk desain program pembelajaran, pelatihan, rencana pelajaran, dll belajar efektif - terutama di organisasi, di mana pelatihan yang akan dikonversi ke hasil organisasi - arguably harus mencakup semua tingkatan dari masing-masing domain, mana yang relevan dengan situasi dan pelajar.
belajar harus manfaat dari pengembangan pengetahuan dan intelek (kognitif Domain); sikap dan keyakinan (Affective Domain), dan kemampuan untuk menempatkan keterampilan fisik dan tubuh berlaku - untuk bertindak (Domain Psikomotor).
 

Bloom's Taxonomy Overview
Berikut adalah diadaptasi benar-benar sederhana 'sekilas-' representasi dari Taksonomi Bloom. Definisi ini dimaksudkan untuk menjadi bahasa hari sederhana modern, untuk membantu penjelasan dan pengertian. Ikhtisar sederhana dapat membantu Anda (dan orang lain) untuk memahami dan menjelaskan taksonomi tersebut. Lihat kembali ketika mempertimbangkan dan mulai untuk memahami dengan rinci struktur - ikhtisar ini membantu untuk menjelaskan dan membedakan tingkat.
Untuk istilah asli yang lebih tepat Taksonomi Bloom dan definisi melihat struktur domain yang lebih rinci di bawah ini model sekilas-. Ini sangat membantu pada saat ini untuk mempertimbangkan juga kompetensi sadar 'model pembelajaran tahap, yang memberikan perspektif yang berguna untuk ketiga domain, dan konsep pengembangan kompetensi oleh tahap secara berurutan.
Kognitif Afektif Psikomotor
pengetahuan keterampilan sikap
1. Ingat data 1. Menerima (kesadaran) 1. Imitasi (copy)
2. Memahami 2. Merespon (bereaksi) 2. Manipulasi (ikuti petunjuk)
3. Terapkan (gunakan) 3. Nilai (memahami dan bertindak) 3. Mengembangkan Precision
4. Analisis (struktur / elemen) 4. Atur pribadi
sistem nilai 4. Artikulasi (mengkombinasikan, mengintegrasikan keterampilan terkait)
5. Mensintesis (membuat / membangun) 5. Menginternalisasikan sistem nilai (mengadopsi perilaku) 5. Naturalisasi (otomatis, menjadi ahli)
6. Evaluasi (menilai, hakim dalam hal relasional)
(Domain Domain Kognitif Detail Taksonomi Bloom: '' - 'Affective Domain' - 'Domain Psikomotor')
 
N.B. Dalam Domain Kognitif, tingkat 5, dan 6 Sintesis dan Evaluasi, yang kemudian dibalikkan oleh Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001. Anderson dan Krathwhol juga mengembangkan ekstensi dua-dimensi yang kompleks dari Taksonomi Bloom, yang tidak dijelaskan di sini. Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bleeding edge belajar pendidikan akademik dan evaluasi ada daftar referensi lebih lanjut di bawah. Untuk manusia yang paling dalam mengajar dan pelatihan apa yang ada di halaman ini mungkin cukup untuk memulai, dan perbedaan besar.
Perhatikan juga bahwa Domain Psikomotor fitur di atas didasarkan pada detail domain yang ditetapkan oleh RH Dave (yang adalah seorang mahasiswa Bloom) pada tahun 1967 (makalah konferensi) dan 1970 (buku). Model Dave adalah sederhana dan umumnya paling mudah untuk diterapkan dalam lingkungan pengembangan perusahaan. Alternatif Domain Psikomotor struktur telah diusulkan oleh orang lain, terutama Harrow dan model Simpson rinci di bawah ini. Saya mendorong Anda menjelajahi Simpson dan Psikomotor Harrow Domain alternatif - khususnya bagi pengembangan anak-anak dan remaja, dan untuk mengembangkan keterampilan pada orang dewasa yang membawa orang keluar dari zona kenyamanan mereka. Hal ini karena Simpson dan model Harrow menawarkan perspektif emosional yang berbeda dan keuntungan, yang berguna untuk situasi belajar tertentu, dan yang tidak muncul begitu jelas dalam struktur model Dave.
(Kembali ke pengembangan Taksonomi Bloom.)
Taksonomi Bloom dalam struktur yang lebih rinci berikut, dengan terminologi yang lebih formal dan definisi. Lihat kembali ke Taxonomy Bloom gambaran setiap kali Anda perlu refresh atau mengklarifikasi persepsi Anda model. Hal yang biasa untuk menemukan bahwa detail ekstra awalnya dapat awan struktur dasar - yang sebenarnya cukup sederhana - sehingga sangat membantu untuk menjaga gambaran sederhana untuk tangan.
 




Taksonomi Bloom Belajar Domain - Struktur Detil
 1. Bloom's Taxonomy - Domain Kognitif - (Akal - Pengetahuan - 'Think')
Taksonomi Bloom 1956 Cognitive Domain adalah sebagai berikut. Model disesuaikan diproduksi oleh Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001 di mana tingkat lima dan enam (sintesis dan evaluasi) adalah terbalik (referensi: Anderson & Krathwohl, Sebuah Taksonomi untuk Belajar, Mengajar, dan Menilai: Sebuah Revisi Taksonomi Bloom Pendidikan Tujuan , 2001). Inilah sebabnya mengapa Anda akan melihat versi yang berbeda dari model Cognitive Domain. Perdebatan terus untuk urutan tingkat lima, dan enam yang menarik mengingat bahwa Taksonomi Bloom menyatakan bahwa tingkat harus dikuasai dalam rangka.
Menurut pendapat saya yang sederhana itu mungkin untuk berdebat baik kasus (Sintesis kemudian Evaluasi, atau sebaliknya) tergantung pada keadaan dan kriteria yang tepat dinyatakan atau diwakili dalam tingkat yang bersangkutan, ditambah besarnya 'berpikir kreatif' dan 'otoritas strategis' dikaitkan
atau diharapkan pada tingkat 'Sintesis'. Singkatnya - pilih urutan yang sesuai dengan situasi Anda. (Komentar lebih lanjut tentang sintesis dan prioritas evaluasi.)
kognitif domain
 deskripsi perilaku tingkat kategori atau 'tingkat' contoh aktifitas untuk dilatih, atau demonstrasi dan bukti untuk diukur 'kata kunci' (kata kerja yang menggambarkan kegiatan yang akan dilatih atau diukur pada tiap tingkat)
1 ingat Pengetahuan atau mengenali informasi tes pilihan ganda, fakta penghitungan atau statistik, mengingat proses, aturan, definisi; kutipan mengatur hukum atau prosedur, mendefinisikan, menjelaskan, label, daftar, menghafal, mengenali, berhubungan, memperbanyak, pilih, negara
2 Pemahaman mengerti artinya, data ulang-negara dalam kata-kata sendiri, menafsirkan, meramalkan, menerjemahkan menjelaskan atau menafsirkan makna dari sebuah skenario yang diberikan atau pernyataan, menyarankan pengobatan, reaksi atau solusi untuk masalah yang diberikan, membuat contoh atau metafora menjelaskan, menegaskan, reword, kritik, mengklasifikasi, meringkas, menggambarkan, menerjemahkan, review, laporan, mendiskusikan, kembali menulis, memperkirakan, menafsirkan, theorise, parafrase, referensi, contoh
3 Aplikasi menggunakan atau menerapkan pengetahuan, menempatkan teori dalam praktek, pengetahuan digunakan untuk menanggapi situasi nyata menempatkan teori berlaku praktis, menunjukkan, memecahkan masalah, mengelola menggunakan kegiatan, menerapkan, menemukan, mengelola, melaksanakan, memecahkan, memproduksi, melaksanakan , membangun, perubahan, menyiapkan, melakukan, melakukan, bereaksi, menanggapi, permainan peran
4 Analisis elemen menafsirkan, prinsip-prinsip organisasi, struktur, konstruksi, hubungan internal; kualitas, keandalan komponen individu mengidentifikasi bagian pokok dan fungsi dari sebuah proses atau konsep, atau de-membangun suatu metodologi atau proses, membuat penilaian kualitatif unsur-unsur, hubungan, nilai-nilai dan efek; persyaratan mengukur atau menganalisis kebutuhan, rusak, katalog, membandingkan, mengukur, mengukur, menguji, meneliti, eksperimen, berhubungan, grafik, diagram, alur, ekstrapolasi, nilai, membagi
5 Sintesis (membuat / membangun) mengembangkan struktur unik baru, sistem, model, pendekatan, ide, berpikir kreatif, mengembangkan rencana operasi atau prosedur, solusi desain, mengintegrasikan metode, sumber daya, ide, bagian; menciptakan tim atau pendekatan baru, menulis protokol atau
kontinjensi mengembangkan, merencanakan, membangun, membuat, desain, mengorganisir, merevisi, merumuskan, mengusulkan, membuat, merakit, mengintegrasikan, menata kembali, memodifikasi
6 Evaluasi menilai efektivitas seluruh konsep, dalam kaitannya dengan nilai-nilai, output, efektivitas, viabilitas; berpikir kritis, strategis dan review perbandingan; penilaian yang berkaitan dengan kriteria eksternal meninjau pilihan strategis atau rencana dalam hal kemanjuran, pengembalian investasi atau biaya-efektivitas, kepraktisan; menilai kelestarian, melakukan analisis SWOT dalam kaitannya dengan alternatif; menghasilkan pembenaran keuangan untuk proposisi atau usaha, menghitung dampak dari rencana atau strategi, melakukan analisis risiko rinci dan dihitung biayanya dengan rekomendasi dan review pembenaran, membenarkan, menilai, menyajikan kasus, membela, laporan, menyelidiki, langsung, menilai, berpendapat, proyek-mengelola
Refresh pemahaman Anda tentang tempat ini cocok menjadi gambaran Taxonomy Bloom.
Berdasarkan 'Taksonomi Dari Tujuan Pendidikan: Handbook 1, Cognitive Domain "(Bloom, Engelhart, Furst, Hill, Krathwohl) 1956. Tabel ini diadaptasi dan direproduksi dengan izin dari Allyn & Bacon, Boston Amerika Serikat, sebagai penerbit dan pemilik hak cipta dari 'Taksonomi Dari Tujuan Pendidikan "(Bloom et al 1956).
Catatan bahwa tingkat 5 dan 6, Sintesis dan Evaluasi, yang kemudian dibalikkan oleh Anderson dan Krathwhol pada tahun 2001, pada saat itu:
Domain kognitif - Orde Peringkat Dari 'Sintesis' Dan 'Evaluasi'
Dalam pandangan saya, persoalan urutan Sintesis dan Evaluasi tergantung pada sejauh mana harapan strategis dan otoritas yang dibangun ke masing-masing, yang tergantung pada situasi Anda. Oleh karena itu adalah mungkin untuk membuat kasus untuk pesanan asli Bloom yang ditunjukkan di atas, atau Anderson dan versi Krathwhol's tahun 2001 (yang hanya membalikkan tingkat 5 dan 6).
Versi di atas adalah asli, dan sesuai dengan contoh dan asumsi yang disajikan dalam matriks di atas, adalah sangat tepat dan logis. Saya juga pribadi percaya perintah di atas menjadi cocok untuk pelatihan perusahaan dan industri dan pembangunan, jika 'Evaluasi' diambil untuk mewakili penilaian eksekutif atau strategis dan pengambilan keputusan, yang secara efektif di puncak set-intelek perusahaan.
Saya percaya inversi Sintesis dan Evaluasi membawa resiko kecuali benar berkualitas. Hal ini karena tingkat keterampilan tertinggi mutlak harus melibatkan evaluasi strategis, manajemen yang efektif - khususnya kegiatan besar atau organisasi - bergantung pada evaluasi strategis. Dan jelas, evaluasi strategis, adalah dengan implikasi termasuk dalam 'Evaluasi' Kategori.
Saya juga berpendapat bahwa untuk mengevaluasi baik dan strategis, kita perlu pertama yang telah mempelajari dan mengalami pelaksanaan strategi (misalnya, untuk telah menyelesaikan langkah sintesis) yang kita berniat untuk mengevaluasi.
Namun, Anda harus merasa bebas untuk membalikkan tingkat 5 dan 6 jika dijamin oleh keadaan khusus Anda, terutama jika penafsiran Anda 'Evaluasi' non-strategis, dan tidak terkait dengan pengambilan keputusan. Mengubah urutan tingkat dibenarkan jika keadaan setempat mengubah tingkat kesulitan. Ingat, taksonomi didasarkan pada premis bahwa tingkat kesulitan meningkat melalui tingkat - orang perlu belajar untuk berjalan sebelum mereka dapat berjalan - yang sederhana. Jadi, jika Sintesis situasi Anda menyebabkan 'menjadi lebih menantang daripada' Evaluasi ', maka mengubah urutan tingkat yang sesuai (mis., invert 5 dan 6 seperti Anderson dan Krathwhol tidak), sehingga Anda melatih orang-orang dalam urutan yang benar .
 
2. Bloom's Taxonomy - Domain Affective - (Perasaan, Emosi - Sikap - 'Feel')
Bloom's Taxonomy domain kedua, Domain Affective, ditugaskan oleh Bloom, Krathwhol dan Masia pada tahun 1964 (Taksonomi Pendidikan Tujuan: Volume II, The Domain Affective Bloom,. Krathwohl dan Masia.) Teori Bloom advokat ini struktur dan urutan untuk mengembangkan sikap -
juga sekarang biasanya dinyatakan dalam bidang pengembangan pribadi modern sebagai 'keyakinan'. Sekali lagi, seperti dengan domain lainnya, dengan detail Affective Domain menyediakan kerangka kerja bagi pengajaran, pelatihan, menilai dan mengevaluasi efektivitas pelatihan dan pelajaran desain dan pengiriman, serta retensi dengan dan mempengaruhi pada peserta didik atau peserta pelatihan.
afektif domain
 deskripsi perilaku tingkat kategori atau 'tingkat' contoh pengalaman, atau demonstrasi dan bukti untuk diukur 'kata kunci' (kata kerja yang menggambarkan kegiatan yang akan dilatih atau diukur pada tiap tingkat)
1 terbuka Menerima pengalaman, bersedia untuk mendengar mendengarkan guru atau pelatih, mengambil bunga dalam sesi atau pengalaman belajar, mencatat, muncul, membuat waktu untuk belajar pengalaman, berpartisipasi secara pasif bertanya, mendengarkan, fokus, menghadiri, ambil bagian, mendiskusikan, mengakui, mendengar, akan terbuka untuk, mempertahankan, ikuti, berkonsentrasi, membaca, dilakukan, dirasakan
2 Menjawab bereaksi dan berpartisipasi secara aktif berpartisipasi aktif dalam diskusi kelompok, partisipasi aktif dalam kegiatan, minat hasil, antusiasme untuk tindakan, pertanyaan dan ide-ide probe, menyarankan interpretasi bereaksi, menanggapi, mencari klarifikasi, menafsirkan, menjelaskan, memberikan referensi lain dan contoh, kontribusi
, pertanyaan, sekarang, mengutip, menjadi animasi atau bersemangat, membantu tim, menulis, melakukan
3 Nilai melampirkan nilai-nilai dan mengekspresikan pendapat pribadi memutuskan nilai dan relevansi gagasan, pengalaman, menerima atau berkomitmen untuk sikap tertentu atau tindakan berpendapat, tantangan, perdebatan, membantah, menghadapi, membenarkan, membujuk, mengkritik,
4 Mengatur atau nilai-nilai konsep mendamaikan konflik internal; mengembangkan sistem nilai yang memenuhi persyaratan tersebut dan mengukur pandangan pribadi, menyatakan posisi pribadi dan alasan, kepercayaan negara membangun, mengembangkan, merumuskan, membela, memodifikasi, berhubungan, memprioritaskan, mendamaikan, kontras, mengatur, bandingkan
5 menginternalisasi atau nilai ciri mengadopsi sistem kepercayaan dan filosofi mandiri; berperilaku secara konsisten dengan menetapkan nilai tindakan pribadi, tampilan, pengaruh, memecahkan, praktek,
Berdasarkan 'Taksonomi Dari Tujuan Pendidikan: Volume 2, The Affective Domain "(Bloom, Masia, Krathwohl) 1964. Taksonomi Lihat juga 'Dari Pendidikan Tujuan: Handbook 1, Cognitive Domain "(Bloom, Engelhart, Furst, Hill, Krathwohl) 1956. Tabel ini diadaptasi dan direproduksi dengan izin dari Allyn & Bacon, Boston Amerika Serikat, sebagai penerbit dan pemilik hak cipta dari 'Taksonomi Dari Tujuan Pendidikan "(Bloom et al 1956).
Ini domain bagi sebagian orang bisa menjadi sedikit rumit untuk memahami dari yang lain. Perbedaan antara tingkat, khususnya antara 3, 4, dan 5, halus, dan tidak begitu jelas sebagai pemisahan tempat lain dalam taksonomi tersebut. Anda akan lebih mudah memahami jika Anda lihat kembali ke penggolongan / taksonomi yang mekar belajar domain sekilas-.
 
3. Bloom's Taxonomy - Domain Psikomotor - (fisik - Keterampilan - 'Jangan')
Domain Psikomotor itu seolah-olah dibentuk untuk menangani pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan tugas-tugas manual dan gerakan fisik, tetapi juga kekhawatiran dan mencakup bisnis modern dan keterampilan sosial seperti komunikasi dan pengoperasian peralatan IT, misalnya telepon dan keterampilan keyboard, atau berbicara di depan umum. keterampilan Jadi, 'motor' melampaui keterampilan manual dan fisik awalnya membayangkan tradisional, sehingga selalu mempertimbangkan menggunakan domain ini, bahkan jika Anda berpikir lingkungan Anda cukup ditutupi oleh Domain Kognitif dan Afektif. Apapun situasi pelatihan, kemungkinan bahwa Domain Psikomotor cukup signifikan. Versi Dave dari Domain Psikomotor adalah fitur yang paling menonjol di sini karena dalam pandangan saya ini adalah yang paling relevan dan bermanfaat untuk pengembangan kerja-dan kehidupan-terkait, meskipun Domain Psikomotor disarankan oleh Simpson dan Harrow lebih relevan dan bermanfaat untuk jenis tertentu dewasa pelatihan dan pengembangan, serta mengajar dan pengembangan kaum muda dan anak-anak, jadi jangan mencari mereka semua. Masing-masing memiliki kegunaan dan keuntungan.
Dave Domain Taksonomi Psikomotor
Domain psikomotor (Dave)
 deskripsi perilaku tingkat kategori atau 'tingkat' contoh aktivitas atau demonstrasi dan bukti untuk diukur 'kata kunci' (kata kerja yang menggambarkan kegiatan yang akan dilatih atau diukur pada tiap tingkat)
1 imitasi salinan tindakan orang lain, mengamati dan mereplikasi guru menonton atau pelatih dan ulangi tindakan, proses atau kegiatan menyalin, ikuti, replikasi, ulangi, mematuhi
2 Manipulasi mereproduksi aktivitas dari instruksi atau memori melaksanakan tugas dari instruksi tertulis atau lisan kembali membuat, membangun, melakukan, melaksanakan, menerapkan
3 Precision melaksanakan keterampilan terpercaya, independen membantu melakukan tugas atau aktivitas dengan keahlian dan berkualitas tinggi tanpa bantuan atau instruksi; mampu menunjukkan aktivitas untuk pelajar lain menunjukkan, lengkap, menunjukkan, sempurna, mengkalibrasi, kontrol,
4 Artikulasi beradaptasi dan mengintegrasikan keahlian untuk memenuhi tujuan non-standar yang terkait berhubungan dan menggabungkan kegiatan untuk mengembangkan berbagai metode untuk memenuhi, persyaratan novel membangun, mengatasi, menggabungkan, mengkoordinasikan, mengintegrasikan, beradaptasi, mengembangkan, merumuskan, memodifikasi, master
5 Naturalisasi otomatis, penguasaan sadar aktivitas dan keterampilan terkait di tingkat strategis menentukan tujuan, pendekatan dan strategi untuk penggunaan desain kegiatan untuk memenuhi kebutuhan strategis, menentukan, mengatur, menemukan, mengelola proyek-
Berdasarkan versi RH Dave dari Domain Psikomotor ('Mengembangkan perilaku dan Menulis Tujuan', 1970. Teori ini pertama kali disajikan pada konferensi Berlin 1967, maka Anda dapat melihat model Dave dikaitkan dengan 1967 atau 1970).
Refresh pemahaman Anda mengenai di mana Domain Psikomotor cocok menjadi gambaran Taxonomy Bloom.
 
Hal ini juga berguna untuk merujuk pada model 'Sadar Kompetensi', yang arguably overlay, dan perspektif sangat membantu untuk menjelaskan dan mewakili 'domain Psikomotor', dan terutama versi Dave. ('Model Kompetensi Sadar' juga memberikan perspektif berguna untuk dua domain lainnya - kognitif dan afektif, dan untuk Domain Psikomotor alternatif yang disarankan oleh Harrow dan Simpson di bawah ini.)
 
Versi Alternatif Domain Taksonomi Psikomotor
Domain Psikomotor Dave di atas mungkin adalah yang paling sering dirujuk dan digunakan interpretasi psikomotorik domain. Tentu saja ada dua orang lain; Simpson, dan Harrow's, (jika Anda tahu ada orang lain silahkan hubungi kami).
Ini perlu ditelusuri dan memahami perbedaan antara tiga Domain Psikomotor interpretasi.
Tentu saja masing-masing berbeda dan memiliki penggunaan yang berbeda.
Dalam pandangan saya model Dave cukup dan tepat untuk pelatihan orang dewasa yang paling di tempat kerja.
Untuk anak-anak muda, atau untuk orang dewasa belajar keterampilan fisik yang sama sekali baru dan menantang (yang mungkin memerlukan perhatian tambahan untuk kesadaran dan persepsi, dan persiapan mental), atau orang yang belajar keterampilan yang melibatkan ekspresi perasaan dan emosi, maka model Simpson atau Harrow dapat lebih berguna karena mereka lebih khusus mengatasi masalah ini.
versi Simpson sangat berguna jika kita memakai orang dewasa keluar dari zona kenyamanan mereka, karena alamat sensorik, persepsi (dan dengan sikap implikasi) dan masalah persiapan. Misalnya sesuatu yang menakutkan atau mengancam, seperti rutinitas darurat, situasi konflik, tugas-tugas fisik yang berat atau kondisi.
versi Harrow adalah sangat berguna jika Anda mengembangkan keterampilan yang ditujukan pada akhirnya untuk mengekspresikan, menyampaikan dan / atau perasaan pengaruh, karena tingkat akhir yang khusus membahas terjemahan kegiatan tubuh (gerakan, komunikasi, bahasa tubuh, dll) ke menyampaikan perasaan dan emosi , termasuk efek pada orang lain. Misalnya berbicara, umum, pelatihan itu sendiri, dan keterampilan tingkat tinggi presentasi.
The Simpson Harrow dan model juga sesuai untuk jenis pembangunan lainnya dewasa. Misalnya, mengajar orang dewasa untuk menjalankan sebuah pertemuan yang sulit, atau membuat terjun payung, akan hampir pasti menjamin perhatian pada indra persepsi dan kesadaran, dan mempersiapkan diri secara mental, emosional, dan fisik. Dalam kasus demikian maka, Simpson atau model Harrow itu akan lebih tepat daripada Dave.
 
Simpson Domain Taksonomi Psikomotor
Elizabeth Simpson interpretasi dari domain Psikomotor berbeda dari Dave terutama karena mengandung ekstra dua tingkat sebelum imitasi tahap awal atau salinan. Arguably untuk situasi tertentu, pertama Simpson dua tingkat, 'tahap Persepsi' dan 'Set' diasumsikan atau dimasukkan dalam tingkat pertama "Dave Imitasi ', dengan asumsi bahwa Anda berurusan dengan sehat dan orang sehat (mungkin orang dewasa daripada anak-anak muda), dan bahwa 'bersiap-siap' atau 'mempersiapkan diri' adalah bagian dari rutin diajarkan, dipelajari atau diukur. Jika tidak, maka versi yang lebih komprehensif Simpson mungkin membantu memastikan bahwa kedua prasyarat untuk pembangunan pekerjaan fisik yang diperiksa dan dibahas. Dengan demikian, model Simpson atau versi Harrow mungkin lebih baik dibandingkan dengan model Dave untuk pengembangan anak-anak muda.
Domain psikomotor (Simpson)
 contoh deskripsi tingkat kategori atau 'tingkat' kegiatan atau demonstrasi dan bukti untuk diukur 'kata kunci' (kata kerja yang menggambarkan kegiatan yang akan dilatih atau diukur pada tiap tingkat)
1 Persepsi kesadaran menggunakan dan / atau pemilihan indra untuk menyerap data untuk membimbing gerakan mengenali, membedakan, melihat, menyentuh, mendengar, merasakan, dll
2 Setel kesiapan mental, persiapan fisik atau emosional sebelum pengalaman atau tugas mengatur, mempersiapkan, mendapatkan set
3 Dipandu Respon upaya meniru atau mengikuti instruksi, coba-coba meniru, menyalin, ikuti, coba
4 Mekanisme dasar menguasai kemampuan merespons stimulus untuk tindakan membuat, melakukan, bentuk, lengkap
5 Kompleks jelas kemampuan ahli Respon menjalankan proses yang kompleks dengan keahlian koordinat, memperbaiki, menunjukkan
6 Adaptasi kemampuan beradaptasi mengubah respon terpercaya memenuhi berbagai tantangan menyesuaikan, mengintegrasikan, menyelesaikan
kemampuan kreatif 7 Originasi mengembangkan dan melaksanakan respon terpadu yang baru dan desain kegiatan, merumuskan, memodifikasi, desain ulang, masalah-menembak
Disesuaikan dan disederhanakan representasi Simpson Domain Psikomotor ('Klasifikasi tujuan pendidikan dalam domain psikomotor', 1972).
Elizabeth Simpson tampaknya benar-benar memiliki interpretasi pertama kali disajikan Psikomotor Domain nya pada tahun 1966 dalam Journal Illinois Home Ekonomi. Oleh karena itu Anda mungkin melihat teori dikaitkan dengan baik 1966 atau 1972.
 

Harrow's Domain Taksonomi Psikomotor
Harrow's interpretasi dari domain Psikomotor adalah sangat bias terhadap perkembangan kebugaran fisik, ketangkasan dan kelincahan, dan kontrol fisik 'tubuh', untuk tingkat keahlian yang cukup. Dengan demikian model Harrow lebih sesuai dengan perkembangan gerakan tubuh anak muda itu, keterampilan, dan gerakan ekspresif daripada, katakanlah, pengembangan keterampilan keyboard peserta pelatihan korporat. Dengan cara yang sama, model Harrow akan mungkin lebih bermanfaat untuk pengembangan berbicara di depan umum dewasa atau keterampilan kinerja artistik dari Dave atau Simpson, karena model Harrow berfokus pada terjemahan aktivitas fisik dan tubuh menjadi ekspresi bermakna. Model Harrow adalah satu-satunya dari tiga Domain Psikomotor versi yang secara khusus menunjukkan pengaruh emosional pada orang lain dalam tingkat yang paling ahli kontrol tubuh, yang bagi saya membuat lebih khusus.
Seperti biasa, memilih kerangka yang paling sesuai situasi Anda, dan kebutuhan dan tujuan peserta pelatihan atau siswa.
psikomotorik domain (garu)
 contoh deskripsi tingkat kategori atau 'tingkat' kegiatan atau demonstrasi dan bukti untuk diukur 'kata kunci' (kata kerja yang menggambarkan kegiatan yang akan dilatih atau diukur pada tiap tingkat)
1 Gerakan refleks reaksi spontan merespons secara fisik secara naluriah bereaksi, merespon
2 gerakan dasar sederhana dasar Fundamental Mutasi mengubah posisi, bergerak, melakukan tindakan pegang sederhana, berjalan, berdiri, melempar
3 perseptual Kemampuan menggunakan respon dasar dari satu kemampuan dalam menanggapi menangkap persepsi indra yang berbeda, menulis, mencari, membedakan menggunakan indra
4 kebugaran fisik Kemampuan mengembangkan kekuatan, daya tahan, kelincahan, pengendalian bertahan, mempertahankan, ulangi, meningkatkan, meningkatkan, melebihi
5 Skilled Mutasi mengeksekusi operasi yang kompleks dan beradaptasi drive canggih, terintegrasi gerakan, membangun, menyulap, memainkan alat musik, kerajinan
6 Komunikasi Non-aktivitas penuh arti ekspresif diskursif atau output kegiatan mengekspresikan interpretasi bermakna mengungkapkan dan menyampaikan perasaan dan makna melalui gerakan dan tindakan
Disesuaikan dan disederhanakan representasi Harrow's Psikomotor Domain (1972). (Non-diskursif berarti secara intuitif langsung dan disajikan dengan baik.)
 
Sbg penutup
Taksonomi Bloom adalah model referensi indah untuk semua yang terlibat dalam pengajaran, pelatihan, pembelajaran, pembinaan - dalam desain, pengiriman dan evaluasi dari metode ini pembangunan. Pada tingkat dasar (menyegarkan ingatan Anda ikhtisar Taxonomy Bloom jika membantu), yang Taksonomi menyediakan daftar periksa yang sederhana, cepat dan mudah untuk memulai untuk merencanakan setiap jenis pengembangan pribadi. Ini membantu membuka kemungkinan untuk semua aspek dari subjek atau kebutuhan yang bersangkutan, dan menyarankan berbagai metode yang tersedia untuk pengiriman mengajar dan belajar. Seperti checklist apapun, juga membantu mengurangi risiko yang menghadap beberapa aspek penting dalam pembangunan yang dibutuhkan.
Unsur-unsur yang lebih rinci dalam domain masing-masing menyediakan poin referensi tambahan untuk belajar desain dan evaluasi, baik untuk pelajaran tunggal, sesi atau kegiatan, atau pelatihan perlu, atau untuk seluruh kursus, program atau silabus, di kelompok besar peserta atau siswa, atau seluruh organisasi.
Dan paling kompleks, Taksonomi Bloom terus berkembang, melalui karya akademisi mengikuti jejak perusahaan asosiasi Bloom awal, sebagai konsep dasar bagi pengembangan pendidikan formal di seluruh dunia.
Seperti begitu banyak dari model klasik yang melibatkan pengembangan masyarakat dan organisasi, Anda benar-benar punya pilihan untuk bagaimana menggunakan Taxonomy Bloom. Ini alat - atau lebih tepat - kotak peralatan. Peralatan yang paling berguna ketika pengguna kontrol mereka, bukan sebaliknya.
Gunakan Taksonomi Bloom dengan cara-cara yang Anda temukan untuk membantu situasi Anda sendiri.
 
Bloom Taxonomy Dan Referensi Tujuan Pendidikan Dan Publikasi
Informasi lebih lanjut dan detail yang berhubungan dengan Taxonomy Bloom berikut, yang meliputi teori-teori yang dikembangkan oleh orang lain, seperti Hauenstein dan Marzano, yang menunjukkan perpanjangan berkelanjutan konsep Taksonomi Bloom:
Taksonomi tujuan pendidikan: Buku Pegangan saya, ini domain kognitif. Bloom et al. 1956
Taksonomi tujuan pendidikan: Klasifikasi tujuan pendidikan. Buku Pegangan II: The domain afektif. Bloom, Krathwhol, Masia, 1964
Taksonomi tujuan pendidikan: Klasifikasi tujuan pendidikan. B Bloom, 1965
Klasifikasi tujuan pendidikan dalam domain Psikomotor. EJ Simpson, 1972
Mengembangkan dan menulis tujuan pendidikan (Psikomotor tingkat pp 33-34).. RH Dave, 1970
Sebuah taksonomi dari domain psikomotorik: Sebuah panduan untuk mengembangkan tujuan perilaku. AJ Harrow, 1972
Sebuah kerangka kerja yang komprehensif untuk tujuan instruksional: Sebuah panduan untuk perencanaan dan evaluasi yang sistematis. Hannah dan Michaelis, 1977
Kerangka konseptual untuk tujuan pendidikan: Sebuah pendekatan holistik untuk taksonomi tradisional. AD Hauenstein, 1988
Bloom's Taxonomy: A retrospektif Empat Puluh Tahun. Anderson & Sosniak, 1994
Benjamin Bloom 1913-1999. Sebuah kertas oleh Prof W Elliot Eisner, 2000. (UNESCO: Biro Pendidikan Internasional.)
Sebuah Taksonomi untuk Belajar, Mengajar, dan Menilai: Revisi Taksonomi Bloom Tujuan Pendidikan. Anderson, Krathwohl et al. 2001
Merancang sebuah taksonomi baru tujuan pendidikan, RJ Marzano, 2001
 
Bahan referensi Di Halaman Ini
referensi kata-kata pilihan Anda / protokol akan menentukan bagaimana Anda menggabungkan berikut ke sebuah atribusi yang sesuai.
Jika Anda tidak mengerti referensi maka pencarian Google untuk 'referensi'. Lihatlah metode yang berbeda (misalnya, Harvard, Vancouver, dll) yang dijelaskan di situs Web berbagai universitas, dan jika perlu mencari bimbingan dari tutor Anda atau kursus buku pegangan / informasi.
Mengingat pemrakarsa yang berbeda dari berbagai komponen model (tabel) pada halaman ini, data yang tepat untuk disertakan dalam referensi akan tergantung pada konten yang tepat Anda gunakan.
Pada dasarnya isi teknis (tabel) harus dikreditkan sesuai dengan rincian originasi diberikan di bawah setiap tabel.
Taksonomi Bloom Belajar Domain adalah cara sendiri pilihan saya untuk menjelaskan konsep secara keseluruhan, tetapi ada judul over-arching lain yang digunakan untuk konsep (biasanya dimulai dengan Taksonomi Bloom ..), dan Anda harus merasa bebas untuk menggunakan alternatif pos jika Anda ingin.
Penyajian model Taxonomy Bloom pada halaman web ini mungkin paling tepat digambarkan sebagai interpretasi atau penjelasan dari Taksonomi Bloom Belajar Domain, Desember 2006. Tanggal pencarian, halaman web URL (alamat) dan nama website juga harus disertakan dalam referensi. URL http://www.businessballs.com/bloomstaxonomyoflearningdomains.htm Website ini www.businessballs.com. Nama saya Alan Chapman.
Penggunaan bebas dari bahan-bahan tersebut adalah untuk mengajar dan tujuan belajar dan tidak mencakup publikasi dalam bentuk apapun.
Allyn & Bacon, Boston USA, adalah penerbit dan pemilik hak cipta dari 'Taksonomi Dari Tujuan Pendidikan "(Bloom et al 1956), dan tampaknya menjadi titik paling penting dari kontak untuk menerbitkan izin dari tabel Taksonomi Bloom, walaupun kepentingan mereka tidak mencakup semua penafsiran yang tepat atau jelas / bahan kontekstual pada halaman ini.


Dewan TVET, Barbados - Menteri Perburuhan dan Keamanan Sosial
Kompetensi - Desain Kurikulum berbasis
Barbados, 19 to 23 November 2001
Kode A2 5168
Dari identifikasi standar untuk pelatihan desain
Selama beberapa tahun terakhir, pengenalan pendekatan kompetensi kerja telah mengubah paradigma pengembangan sumber daya manusia tradisional, baik di dunia dan pelatihan di industri.
Sektor ekonomi yang terlibat dalam mencari keseimbangan baru di era globalisasi dan fleksibilitas pasar tenaga kerja yang berteriak untuk sumber daya manusia yang mampu melakukan pekerjaan kegiatan untuk standar yang dibutuhkan dalam berbagai konteks dan kondisi. Oleh karena itu perusahaan modern menerapkan, atau bermaksud untuk menerapkan, pendekatan kompetensi kepada manajemen pekerja mereka sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing pasar.
Di negara-negara yang kompetensi sertifikasi dan sistem pelatihan di negara maju pembangunan, pelatihan yang ditawarkan sudah mencakup pendekatan berbasis kompetensi, sedangkan untuk negara-negara lain tujuan ini belum tercapai. Tidak adanya sistem standar kompetensi tampaknya menjadi rem yang menahan adopsi, meskipun kebutuhan untuk memodernisasi pelatihan telah jelas dinyatakan dalam kebijakan baru-baru ini, instrumen hukum dan reformasi pendidikan.
Tantangan yang dihadapi masyarakat dan lembaga-lembaga pelatihan swasta dan unit pelatihan perusahaan mengenai penerapan pendekatan berbasis kompetensi memiliki implikasi pada tingkat yang berbeda. Dengan perhatian khusus untuk pelatihan manajemen pasokan, itu berarti membuat pelayanan cukup fleksibel untuk menawarkan pelatihan dan pengembangan yang tepat waktu, sesuai dan relevan dengan perkembangan kebutuhan yang harus dipenuhi.
Memproduksi fleksibel, "tailor-made" layanan, dengan modul program berdasarkan unit kompetensi, terlihat menjadi cara yang paling tepat untuk memungkinkan kombinasi yang berbeda dan variasi, titik masuk yang berbeda dan exit point, dalam proses pelatihan berbasis kompetensi, sementara memastikan bahwa terjadi dalam konteks pelatihan dan pengembangan yang solid.
Rapat individu dan kebutuhan kelompok dan menghasilkan kurikulum tailor-made, menggunakan standar kompetensi sebagai acuan dan sebagai sumber informasi, berarti memodifikasi titik awal dan, karena itu, menyesuaikan komponen desain, sejalan dengan apa yang orang harus tahu dan mampu untuk dilakukan di dalam wilayah kejuruan.
Salah satu tugas sulit yang departemen perencanaan kurikulum dan wajah pelatih adalah untuk bergerak maju dari desain kurikulum tradisional untuk merancang kurikulum berbasis kompetensi, memahami perbedaan antara mereka dan tahap-tahap yang diperlukan untuk pembangunan ini.
Tujuan dari program ini adalah untuk mengembangkan dan memperkuat inisiatif TVET terkait dengan pelatihan berbasis kompetensi dan kurikulum khusus di desain sebagai bagian dari kerangka kerja kualifikasi nasional (NQF) di Karibia. Melakukan pemeriksaan ini melalui pendekatan saat ini dan praktek di Karibia dan Amerika Daerah baik dari manajer dan perspektif ahli teknis.
Peserta profil
Program ini telah dirancang khusus untuk:
• ahli dan manajer yang bekerja untuk departemen pusat atau daerah sistem pendidikan teknik dan kejuruan yang bertanggung jawab untuk program pelatihan;
• pelatihan dan ahli pembangunan yang terlibat dalam merancang program-program yang bertujuan untuk mengamankan penempatan kerja bagi populasi target mereka.
Program ini akan meningkatkan keseluruhan visi mereka pada standar nasional dan sistem berbasis kompetensi serta kegiatan pelatihan berbasis kompetensi berdasarkan permintaan.
Tujuan
Untuk mengartikulasikan proposal nasional / rencana aksi pada pelatihan berbasis kompetensi menggunakan standar kompetensi jabatan sebagai patokan.
Secara khusus, peserta akan dapat
• Analisa situasi saat ini TVET Karibia dan pendekatan dalam kaitannya dengan Kerangka Kualifikasi Nasional;
• Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan organisasi dan pengembangan untuk menerapkan standar nasional untuk pelatihan;
• Mengakui isu-isu penting terkait dengan pendekatan pelatihan berbasis kompetensi;
• Mengidentifikasi tahapan desain kurikulum berbasis kompetensi;
• Menyusun proposal nasional untuk menerapkan pendekatan kompetensi untuk pelatihan pekerjaan
Kadar
1. Karibia TVET LANCAR SITUASI:
Di mana kita berdiri?, Apa yang telah dicapai sejauh ini?, Apakah isu-isu kritis?
Fokus pada konteks sosial-ekonomi, aktor sosial dan dialog sosial. Pentingnya TVET daya saing, kebijakan publik dalam pembangunan sumber daya manusia, pasar regional, dll
2. TVET KONSEP DAN ISU KRITIS BERKAITAN DENGAN SISTEM BERBASIS KOMPETENSI
2,1 Pada pengalaman akan
2.1.1 Kelembagaan kerangka: tingkat organisasi yang berbeda, peran, siapa yang, yang bertanggung jawab atas ...?, Perspektif publik dan swasta.
2.1.2 Standardisasi proses: proses metodologis. Pengusaha, pekerja dan peran sektor publik.
2.1.3 Penilaian dan sertifikasi: Pengusaha proses metodologis, pekerja dan peran sektor publik.
2,2 standar Nasional dan TVET. Apa saja mekanisme untuk menggunakan standar kompetensi sebagai patokan?
2.2.1 Buruh informasi pasar: jenis data ini berguna?
2.2.2 pendekatan pelatihan berbasis kompetensi. Job kompetensi: konsep dan komponen.
2.2.3. Dari standar untuk merancang kurikulum: fase dalam desain kurikulum berbasis kompetensi. A
           berkelanjutan strategi untuk implementasi.
• Modular struktur dalam pendekatan pelatihan berbasis kompetensi.
• Cara, sarana dan metode penyampaian pelatihan; derajat fleksibilitas dan pengelolaan keanekaragaman dalam pendekatan tradisional dan jarak.
• Penilaian pengetahuan dan performa.
• Peran mengajar dalam desain dan pelaksanaan pelatihan berbasis kompetensi.
3. RENCANA KERJA DAN / ATAU PROPOSAL PROYEK
Bagaimana tampilan waktu dekat?
Apakah kita siap untuk mengembangkan kerangka kerja nasional ... ..?
Apakah kita siap untuk menerapkan pendekatan berbasis kompetensi untuk pelatihan?
Apa yang kita perlu mengembangkan kurikulum berbasis kompetensi desain?
Apakah sumber daya manusia menyadari ....?
Apakah sumber daya manusia yang siap untuk ... ..?
Pendekatan pembelajaran
Gaya ditawarkan untuk kegiatan pembangunan merupakan salah satu menyediakan lingkungan yang protektif dan mendukung, untuk memungkinkan semua peserta untuk mengeksplorasi implikasi penuh pembelajaran baik bagi dirinya dan bagi organisasi. Dalam iklim dukungan peserta akan didorong untuk memaksimalkan mereka mengambil risiko.
Metodologi pelatihan didasarkan pada filosofi belajar melalui aplikasi.
Sesi ini sangat partisipatif dan termasuk diskusi kelompok, kerja kelompok kecil, informasi / sesi teori, skenario dan pekerjaan proyek.
Berdasarkan pendekatan pembelajaran, manajer dan para pakar pelatihan akan berbagi pengetahuan dan dilihat melalui lokakarya dalam rangka mencapai konsensus mengenai masalah-masalah yang umum untuk semua lembaga mereka dan di samping individu setuju poin tindakan yang spesifik untuk konteks kerja mereka sendiri .
Semua peserta akan memiliki akses ke halaman Web dengan tujuan memberikan kontribusi bagi proses pembelajaran dengan menciptakan tempat pertemuan virtual sebelum, selama, dan selama 3 bulan setelah pelatihan. Arus informasi dari halaman Web akan membantu peserta untuk memainkan peran aktif dalam pembelajaran mereka sendiri, dan dalam proses kelompok secara keseluruhan.
Kursus ini akan mulai dengan tugas awal yang terkait dengan topik tersebut dalam konteks pekerjaan peserta sendiri. Para peserta akan menerima petunjuk sebelum lokakarya dimulai. Tugas ini akan menyediakan bahan baku yang berharga bagi studi kasus beton selama lokakarya.
Kelompok belajar selama akan menggabungkan ceramah oleh spesialis dan kerja kelompok partisipatif dengan kerangka pembangunan keterampilan praktis jelas.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar